Fitur Status, Penegasan dari Whatsapp

whatsappUpdate terbaru Whatsapp mungkin membuat sebagian penggunanya mengernyitkan dahi. Apa-apaan nih, kok ada fitur status di tengah? Di Whatsapp edisi terbaru, fitur contacts yang biasa ada di tengah antara tab chats dan calls sekarang pindah ke kanan atas. Sebagai ganti, ada fitur status yang berada di tengah di antara fitur chats dan calls.

Di fitur status tersebut, penulisan status di Whatsapp yang biasanya statis, berubah. Dengan fitur status, pengguna bisa mengunggah video, gif atau foto dengan keterangan (caption). Sederhananya, fitur status ini bisa disamakan dengan fitur Instagram Stories pada Instagram.

Seperti yang sudah disebut di atas, sebagian pengguna Whatsapp mengeluhkan adanya fitur status ini. Garis besar dari keluhan itu rata-rata mereka sebetulnya pengin Whatsapp tetap sederhana, tanpa ada fitur status. Sayangnya nasi sudah menjadi bubur.

Terlepas dari pro kontra, adanya fitur status menurut saya bisa meningkatkan interaksi antara pengguna Whatsapp.  Kita tinggal menekan tombol reply untuk mengomentari status yang baru diupdate oleh teman kita.

Pengguna Whatsapp juga bisa lebih eksis dengan fitur yang memungkinkan mereka membagi video, gif, atau foto. Bandingkan dengan fitur status Whatsapp edisi sebelumnya yang hanya berupa teks.

Lebih lanjut, kehadiran fitur status itu bisa dibaca sebagai penegasan. Whatsapp ingin benar-benar jadi aplikasi media sosial yang menunjang interaksi dan keinginan unjuk eksistensi penggunanya, seperti aplikasi media sosia lain semisal Facebook, Instagram, Path, atau Twitter. Bukankah aplikasi-aplikasi itu media sosial banget? Nah Whatsapp ternyata tidak mau ketinggalan. Dengan fitur ini, Whatsapp mau menegaskan kalau mereka juga aplikasi media sosial lho.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s