Biarkan Mereka, Kita, Saya, Anda, Memilih Pemimpin Karena Agamanya

Berpikiran sempit, tidak open minded, tidak ilmiah, bigot dan semacamnya. Saya tak habis pikir (jika) ada orang yang menyematkan sebutan-sebutan itu pada orang yang memilih pemimpin berdasarkan agamanya. Seolah-olah yang menyebut adalah yang paling open minded, paling ilmiah, visioner dll.

Mereka yang memilih pemimpin berdasarkan agama juga pasti punya pertimbangan matang. Tidak asal pilih. Bagi mereka, agama adalah kriteria penting dalam memilih pemimpin. Bahkan bisa lebih diprioritaskan ketimbang wajah, perilaku, atau… visi dan misi sekalipun.

Jika mau beranalogi, memilih pemimpin barangkali bisa dianalogikan seperti memilih pasangan. Ada yang memilih pasangan karena kekayaan, kebagusan wajah, status keturunan, dan agamanya. Anda mau memilih karena kekayaan, silakan. Mau memilih karena terpesona kebagusan wajah, monggo. Atau status keturunan, sah-sah saja. Itu semua hak Anda.

Tapi yang saya tahu, mayoritas tetap memprioritaskan kesamaan agama ketimbang yang lain. Wanita memilih pria yang seagama dengan harapan bisa menjadi imam yang baik. Pria memilih wanita yang seagama dengan harapan wanitanya bisa jadi istri dan ibu yang baik bagi anaknya.

Lagipula, mereka yang menjadikan agama sebagai prioritas utama, tak lantas abai dengan visi dan misi, program, atau perilaku calon pemimpin yang bersangkutan. Mereka yakin, ada kebaikan yang hanya bisa diraih, jika pemimpin mereka seagama dengan mereka.

Kebaikan-kebaikan seperti yang dimiliki oleh mereka yang memilih pasangan segama: pergi ke rumah ibadah yang sama, dan bersama-sama, mengimani Tuhan yang sama, memohon pada Tuhan yang sama.

Hal mana yang lebih Anda prioritaskan dalam memilih pemimpin, itu mutlak menjadi hak Anda masing-masing. Lagipula, seperti kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin: Kita bangsa religius yg menjadikan agama sebagai acuan bersikap. Memilih cagub berdasar keyakinan agama sama sekali tak langgar konstitusi.

#tabik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s